Karena kecelakaan kereta api satu tahun (2020) akan segera berakhir, hal itu telah menciptakan implikasi penting tentang tren pemasaran digital di masa depan.

Artikel ini akan membahas lima tren pemasaran digital utama yang harus Anda ketahui agar berhasil di tahun 2021 dan seterusnya.

Jika Anda lebih suka menonton video, rincian semua tren dapat ditemukan dalam video di bawah ini.

Bagi Anda yang menyukai bacaan kuno yang bagus…

Mari selami.

perdagangan elektronik

Bisa berbelanja online bukanlah fenomena baru, namun, pandemi virus corona telah mengajari kami mengapa eCommerce sangat penting untuk bisnis apa pun (jika mereka ingin tetap bertahan).

Diperkirakan bahwa pada tahun 2040, 95% dari semua pembelian akan dilakukan melalui eCommerce.

Tentu, statistik itu mungkin tampak tidak masuk akal, tetapi kami telah melihat ledakan belanja online selama Covid-19, dan ini pasti akan terus meningkat di masa mendatang.

Banyak bisnis yang tidak dapat bertransisi sepenuhnya menuju eCommerce telah ditutup, yang menyoroti pentingnya mengaktifkan belanja online untuk pelanggan Anda.

Ini karena kurangnya kemudahan dan aksesibilitas akan membuat pelanggan Anda berbelanja di tempat lain.

Pemasaran media sosial

Dengan begitu banyak platform media sosial di luar sana, penting untuk mengetahui cara memasarkan kepada pelanggan Anda secara efektif.

Menyampaikan pesan yang tepat kepada audiens Anda dan membuat mereka berkonversi bukanlah tugas yang mudah.

Namun, penting untuk mengetahui kejenuhan konten media sosial dan kebutuhan untuk penargetan khusus / efektif.

Kunci pemasaran media sosial adalah mengidentifikasi di mana pelanggan Anda berada, dan konten apa yang kemungkinan besar akan mereka ikuti.

Tindakan terbaik yang harus diambil adalah mempelajari berbagai platform media sosial dan melihat mana yang paling populer di antara audiens target Anda.

Ingatlah untuk selalu melibatkan audiens Anda, dan fokuslah untuk mendapatkan penargetan Anda dengan benar.

Pemasaran media sosial saat ini adalah tentang kepercayaan, dan memastikan bahwa pelanggan mempercayai Anda lebih dari merek lain.

Pemasaran konten

Dua jenis konten utama yang menjadi fokus pada tahun 2021 dan seterusnya adalah:

1. Suara
2. Video

Bukan rahasia lagi bahwa penelusuran suara sedang meningkat, dengan peningkatan penggunaan speaker pintar seperti Google Home dan Amazon Alexa.

Ini memberikan peluang sempurna untuk menggali lebih dalam konten Anda dan menulis konten komprehensif yang mencakup kueri berekor panjang.

Platform media sosial juga mulai menerapkan lebih banyak kemampuan suara, seperti Twitter yang memperkenalkan tweet suara dan LinkedIn yang memungkinkan Anda merekam pengucapan nama Anda.

Beralih ke video… ada banyak hal yang perlu disebutkan.

Video sedang dan akan terus mendominasi web, itulah mengapa Anda harus berinvestasi dalam memproduksi konten video.

Video tidak hanya merupakan pilihan konsumsi konten yang sangat disukai, tetapi juga dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti membantu membangun tautan Anda.

Streaming langsung adalah tren utama saat ini, dengan berbagai platform media sosial secara mencolok menampilkan video langsung.

Platform terbaik untuk ditayangkan saat ini adalah Twitter, Facebook, LinkedIn (jika Anda dapat memperoleh akses langsung), dan YouTube.

Agar strategi video bekerja dengan baik, Anda harus sudah memetakan bagaimana video akan membantu menambah nilai pada aset Anda saat ini, baik itu di situs web Anda, atau secara umum dalam proses Anda.

Ingatlah bahwa video Anda harus didaur ulang, artinya video yang diunggah ke YouTube dapat disematkan ke halaman yang relevan di situs web Anda, tetapi juga pertimbangkan untuk merender cuplikan pendek yang kemudian dapat Anda unggah secara asli di platform media sosial lainnya.

Mendaur ulang konten video akan meningkatkan keterlibatan Anda secara besar-besaran dan kemungkinan menghasilkan lebih banyak prospek.

SEO

SEO telah dan akan terus menjadi sangat penting sebagai bagian dari strategi pemasaran digital pada tahun 2021, tetapi aspek seperti pengalaman halaman (kecepatan halaman, UX) dan mengidentifikasi maksud pengguna menjadi keharusan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google pada tahun 2021.

Jika mengacu pada pengalaman halaman, penting bagi pengguna Anda untuk mendapatkan kemudahan dalam menavigasi situs Anda, tanpa masalah (seperti waktu pemuatan yang sangat lambat).

Apakah CTA Anda ada di tempat yang tepat?

Apakah pengguna Anda mencapai tujuan yang dimaksudkan dalam halaman Anda?

Apakah pengguna menjelajahi halaman terkait yang berbeda di situs web yang mengarahkan mereka ke saluran?

Ini adalah jenis pertanyaan yang perlu Anda jawab di situs web Anda, jika Anda bermaksud memprioritaskan SEO dalam strategi pemasaran digital Anda.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam strategi SEO Anda adalah memastikan bahwa Anda telah mengidentifikasi dan mengoptimalkan niat pengguna.

Pertimbangkan ketika seseorang membuka laman web Anda apakah mereka telah menelusuri kueri navigasi, informasional, atau transaksional.

Mengoptimalkan niat pengguna akan menjadi kunci untuk membuat metrik keterlibatan yang lebih baik untuk situs web Anda, tetapi juga benar-benar mendapatkan konversi.

Pemasaran viral

Aplikasi TikTok di smartphone di rumput


Viral marketing adalah sesuatu yang diinginkan semua bisnis, tetapi sayangnya, ini sangat sulit untuk dicapai.

Untungnya, ada platform di luar sana yang terkenal terkenal karena mendorong konten pemasaran viral.

TikTok, misalnya, terkenal akan hal ini.

Meskipun pemirsanya sebagian besar adalah Gen-Z, bukan berarti Anda tidak dapat menyampaikan pesan Anda secara efektif di platform.

Mengoptimalkan video TikTok Anda dengan hashtag dan deskripsi hanya dapat membantu Anda sejauh ini, tetapi umumnya memiliki konten yang unik dan kreatif dapat memberi Anda dorongan keterlibatan yang besar.

Platform lain seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn juga memiliki cara untuk memfasilitasi konten viral.

LinkedIn memiliki banyak cara untuk "memanipulasi" algoritme agar menampilkan konten Anda lebih mencolok di seluruh jaringan Anda.

Memastikan bahwa Anda menggunakan hashtag yang tepat dan terhubung dengan orang yang tepat yang kemungkinan besar akan terlibat dengan konten Anda, akan membuat Anda unggul dalam hal peluang Anda untuk mendapatkan trending posting LinkedIn.

Ini sebenarnya tidak terlalu sulit di LinkedIn, karena kami memiliki pos yang sedang tren yang hanya memiliki antara 15-20 suka.

Kesimpulan
Meskipun lanskap pemasaran digital tampaknya tidak berubah secepat itu, kenyataannya adalah bahwa strategi terus berkembang dan selera konsumen berubah.

Bagian terpenting dari setiap strategi pemasaran digital adalah bereksperimen dan menguji berbagai hal.

Terkadang Anda akan menang, terkadang Anda akan kalah.

Begitulah pemasaran digital.

Semoga Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran digital Anda saat mendekati tahun 2021.