Kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya desain grafis untuk pemasaran bagi setiap perusahaan. Di zaman yang terus berkembang, sehingga kita harus bisa mengakses segala sesuatunya dengan cepat dan mudah.

Semakin pesatnyanya bidang marketing, tentu saja ini juga berdampak terhadap perkembangan desain yang juga akan terus ikut naik dan sangat dicari. Secara logika, dalam sebuah marketing tentu saja diperlukan sebuah desain yang bagus untuk bisa lebih meyakinkan customer atau klien agar lebih percaya lagi.

Dibawah ini saya akan membahas mengenai perbedaan antara desain grafis dan marketing:

Desain grafis
Desain grafis ialah sesuatu yang dilakukan menggunakan elemen visual yang termasuk dari tulisan, bentuk, dan gambar untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan dalam bentuk digital atau cetak.

Marketing
Pemasaran adalah studi dan manajemen hubungan pertukaran. Pemasaran digunakan untuk membuat, menyimpan, dan memuaskan pelanggan. Dengan pelanggan sebagai fokus dari kegiatannya, dapat disimpulkan bahwa Pemasaran adalah salah satu komponen utama Manajemen Bisnis.

Dengan kata lain kita sebagai marketing bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen yang kita anggap sesuai dengan waktu tertentu.

Setelah mengerti dari perbedaan antara desain grafis dan marketing, kita selanjutnya akan membahas mengenai hubungan dari keduanya.

Pentingnya Desain Grafis Untuk Pemasaran

Tentunya dalam marketing atau pemasaran sangat dibutuhkan sebuah desain, sebab desain akan sangat berperan penting dalam tercapainya suatu target. Desain dalam pemasaran bisa berupa web, desain poster, brosur, flyer, banner yang digabungan menjadi satu yaitu portofolio.

Sebuah desain tentunya menjadi salah satu penentu sebuah marketing efektif atau tidaknya. Sebab desain bisa mengambarkan sebuah kualitas dan kemampuan dari sebuah perusahaan. Namun perlu diketahui, sebuah desain tidak hanya sebatas tentang desain suatu tata letak atau gambar yang bagus.

Dengan sebuah desain, kita akan melihat seberapa besar tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akan tergambar melalui desain yang telah dibuat. Sebuah desain harus memiliki sebuah ke khasan sebagai pembeda dengan pesaingnya.

Jadi Desain Grafis sangat berperngaruh sekali dalam marketing, sebuah brand/produk/perusahaan jika tak memiliki Desain yang menarik maka akan sulit untuk di pasarkan, dan sebagus bagusnya desain jika tidak dibarengi dengan branding atau marketing yang bagus akan percuma juga.