Para driver online di kediaman Gus Fik, dikenalkan sistem keuangan digital yang bisa menambah incame di saat pandemi covid-19, Jumat (5/6/2020). 

Rachmad Rofik (Gus Fik), warga Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah Gresik membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dengan membuat aplikasi digital, Jumat (5/6/2020).

Beberapa aplikasi yang sudah dilaksanakan yaitu GoGresik, Epasarkita.com dan software e-dagang auto Wisefx.

Gus Fik, yang juga bakal calon wabup dari PDIP ini mengatakan, kekuatan ekonomi digital yang sudah ada sejak mata uang Euro pertama kali diterbitkan 2002.

Itu jika dilakukan secara serius dan telaten bisa menjadi salah satu income masyarakat di saat pandemi covid-19.

"Ini bisa menjadi salah satu solusi pemenuhan income bagi mereka yang terdampak corona," kata Gus Fik.

Selain itu, ada GoGresik yang memberikan layanan transportasi secara online.

Baik, jasa antar, pembelian menu makanan dan jasa lainnya.

Dari aplikasi itu, pengguna jasa tanpa ada komisi. 100 persen keuntungan untuk driver.

"Tawaran yang saya berikan ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun kemarin. Itu saya lakukan kepada para guru di Lamongan dan aAlhamdulillah ada hasilnya," katanya.

Menurut Gus Fik, saat pandemi covid-19 ini, masyarakat ibaratnya lari maraton, tidak sedang berlari cepat untuk segera sampai finish.

Sehingga aplikasi Epasarkita.com dan software e-dagang auto Wisefx bisa menjadi sistem baru bagi masyarakat untuk mendapat pendapatan secara pelan tapi pasti.

"Tapi masyarakat seberapa kuat bisa bertahan untuk bisa sampai ke garis finish dengan sehat wal afiat. Corona juga diibaratkan seperti pertandingan tinju, dimana stamina kita dipaksa hemat dan amunisi pukulan kita tidak dihamburkan membabi buta. Sehingga, secara ekonomi harus efisien," imbuhnya.

Sebelumnya, Gus Fik juga membagikan empon-empon kepada masyarakat.

Menu minuman tradisional itu diharapkan bisa menambah daya imun masyarakat di saat pandemi covid-19.

"Jadi, bantuan saya ini mulai bantuan kesehatan, mental dan bantuan finansial. Ini yang harus dicontoh dan dikembangkan oleh yang lain. Sehingga, masyarakat betul-betul mandiri di saat pandemi covid-19," imbuhnya.