Beragam cara dilakukan oleh bakal calon bupati (Bacabup) untuk memperkenalkan diri kepada publik. Salah satunya dengan membagikan air ke daerah kekeringan.


Hal ini dilakukan oleh Rachmad Rofik, Bacabup yang mendaftar melalui PDIP ini memilih terjun langsung ke masyarakat dengan memberikan perhatian berupa satu mobil tangki.


Ia langsung mendatangi Kecamatan Benjeng yang merupakan satu dari sembilan kecamatan yang mengalami kekeringan.


Ada tiga desa yang didatangi, yaitu Desa Kalisari, Desa Dukun dan Desa Dukuh Kembar.


Rofik tidak sendiri, ia bersama Lazisnu Dukun, Banser Dukun dan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) membagikan air ke jerigen warga.


"Aksi sosial ini dilandasi oleh semangat dan membantu sesama yang masih mengalami kondisi kekeringan parah," ujar Rofik, ditemui Kamis (28/11/2019).


Pihaknya, bukan kali ini melakukan sosialisasi terjun ke masyarakat dengan membagi air.


"Karena ini permasalahan penting. Kemarau kekeringan parah. Saya turun langsung donasi air di titik dan desa parah dalam kekeringan dalam seminggu terakhir," paparnya.


Pihaknya mengaku tidak mengikuti tren sosialisasi secara formal, seperti acara sosialisasi pada umumnya.


Menurut Rofik, melihat kondisi di lapangan kemudian langsung membantu masyarakat yang terdampak itu lebih penting.


Ditambah lagi keberadaan Laziznu dan Banser cukup membantu, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.


Terlihat banyak warga yang memanfaatkan bantuan air bersih secara cuma-cuma ini. Mulai dari galon, jerigen dan ember tampak berjejer di bawah truk tangki air.


"Terimakasih sudah dibantu air bersih, gratis tidak bayar," kata salah satu warga, Habibah, sambil jerigen berwarna biru itu.

tribunjatim